Jurusan Analis Kimia FMIPA UNDIKSHA menyediakan 2 (dua) kompetensi lainnya/pilihan lulusan yakni: Sebagai tenaga analis di laboratorium kesehatan dan sebagai entrepreneur dalam bidang alat-alat dan bahan-bahan kimia.

Sebagai tenaga analis di laboratorium kesehatan dengan kompetensi sebagai berikut: (1) memiliki pemahaman dasar tentang berbagai proses kimia yang terjadi dalam tubuh, hubungannya dengan berbagai penyakit, serta aplikasinya dalam kehidupan; (2) terampil dalam mengambil spesimen, termasuk penyiapan pasien, serta penanganan, pemrosesan, penyimpanan dan pengiriman spesimen; (3) terampil dalam melaksanakan uji kualitas media dan reagen untuk pengujian spesimen; (4) terampil melaksanakan prosedur laboratorium, metode pengujian dan pemakaian alat dengan benar; (5) mampu mengevaluasi data laboratorium untuk memastikan akurasi dan prosedur pengendalian mutu dan mengembangkan pemecahan masalah yang berkaitan dengan data hasil uji; (6) mampu mengevaluasi teknik, instrumen, dan prosedur baru untuk menentukan manfaat kepraktisannya; (7) mampu menghasilkan data laboratorium yang akurat secara efektif dan efisien untuk menginterpretasikan hasil uji laboratorium; (8) mampu memberikan penilaian analitis terhadap hasil uji laboratorium; (9) mampu merencanakan, mengatur, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan laboratorium; (10) mampu bekerjasama dengan tenaga kesehatan lain dalam bidang teknik laboratorium; (11) mampu merancang, melaksanakan penelitian dalam bidang laboratorium kesehatan.

Sebagai wirausaha dengan kompetensi sebagai berikut: (1) memiliki pemahaman tentang konsep-konsep dasar kewirausahaan, (2) memiliki pengetahuan tentang syarat dan prosedur pendirian usaha, (3) mampu menggunakan alat-alat analisis kimia dengan baik dan benar, (4) memiliki pengetahuan tentang penggunaan bahan-bahan kimia dengan baik dan benar, (5) mampu mengidentifikasi dan menganalisis peluang pemasaran alat-alat dan bahan-bahan kimia terutama yang digunakan untuk pendidikan/penelitian dan industri, (6) mampu berkomunikasi secara baik dan efektif dengan konsumen, (7) mampu menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam mengelola perusahaan, (8) mampu membangun kemitraan usaha, strategi dan etika bisnis serta pembuatan rencana bisnis atau studi kelayakan, dan (9) memiliki pemahaman tentang hubungan antara bisnis, sumber daya alam dan lingkungan.